Perlukah Aki Mobil Melepas Saat Tak Dipakai Lama? Begini Cara Melepas Aki Mobil

Maraknya kasus Covid-19 membuat pemerintah memutuskan untuk menetapkan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) darurat. Kondisi ini pun berdampak pada kebijakan perusahaan untuk memberlakukan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Dikarenakan masyarakat bekerja dari rumah intensitas penggunaan kendaraan menjadi lebih berkurang dibandingkan sebelumnya. Tentunya mobil akan lebih banyak berada di garasi selama penerapan WFH dan PPKM.

Ketika mobil jarang digunakan tentunya membuat aki mobil menjadi mudah tekor atau soak. Seperti diketahui, meski mobil tidak digunakan aki mobil tetap mengalirkan arus listrik ke sejumlah komponen. Siklus pengisian ulang yang biasa terjadi saat mesin hidup atau ketika berjalan, karena itu mobil dianjurkan dipanaskan tiap hari untuk mengecas aki.

Tapi akan lebih baik jika mobil dibawa jalan di sekitar rumah selama 10 sampai 15 menit. Pasalnya untuk pengisian daya ke aki tetap maksimal harus dijaga di putaran mesin 1.500 rpm. Agar maksimal.

Jika mobil dikatakan nganggur untuk waktu yang cukup lama, lebih baik aki mobil dilepas atau dicopot untuk menjaga aki mobil lebih awet. Berikut cara untuk melepas aki mobil :

Lepaskan Bagian Kutub Negatif Terlebih Dahulu

Mengapa melepaskan kutub negatif terlebih dahulu? Tentu saja agar tidak ada hubungan arus pendek yang berbahaya untuk aki dan juga sistem mesin mobil Anda. Anda bisa mulai melepaskan kabel, baut, dan juga klem pada bagian kutub negatif. 

Lepaskan Bagian Kutub Positif

Jika selesai melepaskan bagian kutub negatif , selanjutnya melepaskan bagian kutub postif. Cara melepaskannya masih sama dengan bagian kutub negatif seperti melepaskan kabel, baut dan klem.

Angkat Aki Dari Mobil

Setelah melepaskan bagian-bagian kutub negatif dan kutub positif, maka selanjutnya angkat aki dari mobil dengan hati-hati untuk menghindari cairan di dalam aki tumpah ke luar.

hyundai casper baru asal korea

SUV sub-4m itu akan diposisikan dibawah compact SUV Hyundai Venue. Spy shot Hyundai Casper terbaru saat diuji jalan tersebut, menunjukkan beberapa detail pada eksteriornya.

mirip dengan MINI Cooper, dengan cluster headlamp terpisah dengan DRL LED berbentuk bulat. Kap mobilnya berbentuk clamshell, dengan lampu sein LED seperti alis.

Mobil tersebut diprediksi akan diperkenalkan akhir tahun ini menggunakan platform K1. Pengujian sudah dilakukan beberapa bulan belakangan di negara asal mereka, Korea Selatan.

Velgnya tampak sporty, dengan gagang pintu belakang yang dipasang di pilar Hyundai Casper juga terlihat memiliki antena sirip hiu dengan roof rail di atap mobil. Desain lampu berbentuk unik membulat dipasang di bumper belakang dan stp lamp yang dipasang di atas.

mobil dengan kode internal AX1 ini memiliki konfigurasi kursi 5-penumpang. Jeroan mesinnya kemungkinan menggunakan unit 1.1L 4-silinder. Mesin tersebut bisa dipasangkan dengan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis.

Skutik 150cc buatan malaysia

resmi merilis skutik anyar bergaya adventure motor bernama Wmoto Xtreme 150i itu mengusung mesin 150cc.

ditawarkan dalam dua pilihan warna, abu-abu dan merah dibanderol mulai RM 9.588 atau setara Rp 33,2 juta.

Wmoto Xtreme 150i ditenagai mesin satu silinder 4-tak SOHC, 149,3cc, dengan sistem pendingin cairan. Mesin tersebut mampu, menghasilkan tenaga puncak 12,1 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 11,8 Nm di 5.000 rpm.

skutik ini juga dilengkapi sejumlah teknologi modern seperti Start Stop System untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar, lampu full LED, serta DRL (Day Running Light) yang canggih.

Sistem suspensi Wmoto Xtreme 150i juga tergolong canggih lantaran sudah mengadopsi suspensi USD (Upside Down) di depan.

Wmoto Xtreme 150i memiliki bobot sekitar 143 kg dengan kapasitas tangki 11 liter Satu tangki minyak penuh diperkirakan bisa untuk menempuh jarak sejauh 400 km.

hyundai staria keluar pertama di thailand

mobil MPV dengan desain futuristis sudah melakukan debut global April lalu. Thailand jadi negara pertama di Asia Tenggara yang dapat peluncuran.

Hyundai Staria merupakan mobil penerus dari mobil pintu geser, Starex Selain desainnya yang futuristik –terinspirasi dari pesawat luar angkasa, mobil ini juga dibekali fitur kekinian.

dengan mesin 2.2 turbodiesel yang bisa menghasilkan torsi 177 PS dan 431 Nm dan dipasangkan dengan gearbox manual enam kecepatan atau otomatis delapan kecepatan.

NJKB Hyundai Staria sudah muncul di Samsat DKI Jakarta. Tertera Staria 2.2 2WD 8 AT dengan NJKB Rp 450 juta mesin yang dijual di Indonesia ialah mesin diesel VGT 2.2 liter.